Palu – Kantor Imigrasi Kelas I Palu pada Kamis(29/3/17) menggelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kota Palu, bertempat di Hotel Mercure Palu sekitar pukul 10:00 WITA, yang dihadiri oleh berbagai unsur instansi yang terkait dengan kegiatan Orang Asing di Kota Palu. Rapat tersebut di buka oleh Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham wilayah Sulawesi Tengah dan dipimpin oleh Kepala Imigrasi Palu dan diikuti oleh peserta dari perwakilan Kejaksaan Negeri Palu, perwakilan BIN Kota Palu, perwakilan Polres Palu, perwakilan Kodim Palu, Perwakilan AU, Perwakilan BNN, Kaban Kesbangpol Palu, Kadis Dukcapil Palu dan Kadis Tenaga Kerja Palu.

“Pembentukan TIMPORA ini bukan untuk melarang orang asing masuk ke Indonesia akan tetapi mengawasi kegiatannya” ujar Kadiv Imigrasi Kemenkumham Kanwil Sulteng dalam sambutannya. Dikatakannya,” Di satu sisi, kehadiran orang maupun investasi asing, memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah. namun dampak negatifnya juga harus diwaspadai. Untuk itu, kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) di Kota Palu sebagai wadah tempat tukar-menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing di Kota Palu merupakan hal penting, sehingga kewaspadaan dan pengawasan yang tidak berlebihan dan memicu terganggunya kenyamanan dan kelancaran aktivitas orang asing dapat dilakukan,” ujarnya.

”Selain itu, kegiatan ini untuk menjamin tetap terpeliharanya stabilitas kepentingan Nasional dan Daerah dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat perlintasan orang antar negara, keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah NKRI”, sambungnya.(ucp)