Palu –Kejaksaan Negeri Palu mengeksekusi terpidana kasus penyalahgunaan narkoba jenis shabu-shabu yang merupakan warga negara Malaysia an. Alimuddin bin Moh Ajay pada hari Selasa (6/6)dari Rutan Palu ke Lapas Palu. Eksekusi dilaksanakan berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Palu No. 12/Pid.Sus/2017 PN Pal tanggal 17 April 2017 yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Terpidana terbukti melanggar Pasal 112 Ayat(2) Jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang divonis oleh Hakim Pengadilan Negeri Palu 11 Tahun Penjara dan denda Rp 1 miliar subsidair 3 bulan kurungan .

Selain Alimuddin, kasus itu juga menyeret dua terdakwa lainnya yakni Zaki dan Kausyar. Dalam persidangan, kedua terdakwa yang diajukan dalam berkas terpisah itu juga dihukum bersalah oleh majelis hakim. Zaki divonis 12 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsidair 3 bulan kurungan dan Kausyar dihukum 5 tahun penjara kemudian denda Rp1 miliar subsidair 3 bulan kurungan.

WNA asal Malaysia itu ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Tengah pada September 2016 di Jalan Tanjung Manimbaya, Kota Palu, terkait kasus peredaran dan kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu. (ucp)